Langsung ke konten utama

Inilah Mitos-Mitos Keliru Tentang Investasi Reksadana

Dari zaman baru keluar sekolah dan mulai masuk ke lingkungan kerja, saya sudah tertarik dengan usaha di luar bidang yang saya geluti pada waktu itu. Maklumlah, saya hanya seorang buruh pabrik. Tapi walaupun begitu, saya masih punya keinginan besar untuk berpenghasilan lebih dari ini. Usaha yang saya lirik pada waktu itu adalah berniaga dan investasi.

Untuk berniaga atau berdagang, sebetulnya sudah saya lakukan dari masih duduk di bangku SD. Waktu liburan sekolah, saya suka ikut-ikutan tetangga menjual layang-layang dan benangnya. Di pabrik tempat saya kerja pun, saya pernah menjual sendal jepit dan handycraft hasil buatan tangan saya sendiri.

Kalau untuk investasi, saya mulai mencari tahu jenis investasi beserta cara dan resikonya. Sebetulnya banyak sih investasi yang saya lirik. Saking banyaknya, sampai bingung mau pulih yang mana. Hehe.. Nah, salah satunya adalah jenis investasi reksadana.

Generasi muda masa kini tentu harus lebih peduli terhadap investasi. Karena tidak pernah ada kata terlalu dini untuk memulai investasi. Iya, kan? Alangkah lebih baik jika kita bisa menyisihkan pendapatan untuk memulai investasi dari sekarang. Demi masa depan yang cerah dan bahagia. aamiin :D

Reksadana menjadi salah satu pilihan investasi yang modern dan mudah dijalankan. Sayangnya, masih banyak mitos keliru yang beredar seputar reksadana. Kita wajib mengenali mitos keliru tersebut supaya tidak terjebak dalam persepsi yang salah. Mari simak dulu ulasan apa itu reksadana dan cara memulainya!

Memulai Investasi Reksadana Itu Sulit

Dahulu investasi reksadana identik dengan investasi yang rumit dan hanya cocok untuk masyarakat kalangan menengah ke atas. Namun kini semua hal tersebut sudah berubah. Pemahaman tentang investasi reksadana bisa dipelajari dari banyak sumber. Sehingga tentu saja tidak sulit untuk memahami proses investasi reksadana bila kita berminat memilikinya.

Reksadana Butuh Modal Besar

Reksadana tidak membutuhkan modal besar yang berkisar di angka jutaan hingga ratusan juta rupiah. Karena ternyata ada produk reksadana dengan modal awal berkisar di angka ratusan ribu rupiah saja. Jadi, tentu saja kita tidak perlu susah payah mengumpulkan banyak uang bila ingin berinvestasi reksadana. Sebab kita bisa mulai belajar menjalankan investasi ini dari modal yang kecil.

Mengurus Investasi Reksadana Itu Rumit

Kita tidak perlu bingung ketika akan menjalankan investasi reksadana. Karena kita bisa memanfaatkan jasa perusahaan manajer investasi untuk membantu pengelolaan investasi tersebut. Manajer investasi terbesar di Indonesia yang diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) memiliki reputasi yang baik dalam hal reksadana. Kita pun bisa turut memantau investasi reksadana melalui laporan yang diajukan oleh manajer investasi tersebut.

Reksadana Membuat Kita Lekas Kaya atau Jatuh Miskin

Investasi reksadana bukanlah judi yang bisa membuat kita miskin seketika. Sebab kita sendiri juga harus mengukur kemampuan ketika berinvestasi. Butuh waktu yang lama untuk mendapatkan keuntungan berlipat ganda dari modal kecil. Bahkan ada produk reksadana terproteksi yang melindungi nilai investasi kita. Sehingga risiko kerugian besar pun dapat diminimalkan.

Kecermatan kita dalam mengolah informasi dan referensi seputar reksadana pasti akan mempengaruhi keputusan kita. Namun kita tak perlu ragu berinvestasi jika sudah memiliki pengetahuan yang cukup. Yuk siapkan perencanaan terbaik untuk mendukung investasi reksadana yang kita inginkan!

Komentar

  1. makasi lina infonya aku memang gak paham banget dengan reksadana

    BalasHapus
  2. Bagi yg gak tau, emang ngira kalau asuransi itu merugikan. Bayar mahal per bulan, tapi klaim susah. Makanya perlu banyak edukasi macam gini...biar tahu apa sih asuransi itu. Padahal banyak untungnya loh...macam kalau kita belanja dan cek harga dulu via priceza.co.id dapat barang harga terjangkau sesuai keinginan

    BalasHapus
  3. Btw..reksadana itu halal kah mbak?

    BalasHapus
  4. yang bikin maju mundur untuk reksadana, katanya harus punya asuransi, entah bener atau nggak gitu :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengisi Waktu Luang dengan Belajar Bahasa Inggris

Ada banyak cara untuk menghabiskan waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat, diantaranya bisa melakukan hobi, mengasah kemampuan, atau melakukan hal-hal yang belum pernah dicoba sebelumya. Jika kita beralasan malas keluar rumah untuk melakukan hal-hal tersebut, saat ini dengan kecanggihan teknologi kita dapat melakukannya secara online . Salah satunya adalah belajar bahasa Inggris online , hal ini bukan tidak mungkin untuk dilakukan.  Belajar bahasa Inggris online bisa dilakukan dengan otodidak ataupun dengan bantuan profesional seperti guru bahasa Inggris di tempat kursus. Kita bisa menganalisisnya terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan, jika dirasa memiliki biaya yang cukup dan juga waktu yang cukup untuk belajar sesuai jadwal yang ditentukan oleh tempat kursus, kita bisa memakai jasa tersebut untuk memperlancar kemampuan dalam berbahasa Inggris.  Jika kita memilih untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak karena mempertimbangkan biaya yang cukup banyak akan dikeluar

Pengalaman Melahirkan Anak Pertama

Pengalaman Melahirkan Anak Pertama . Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih pada diri sendiri, yang awalnya malas buat nulis tapi akhirnya pengalaman melahirkan untuk pertama kali ini ditulis juga di blog. Huhuhu.. #lapKeringatDiDahi Padahal harusnya berterima kasih sama Yang Maha pemberi kekuatan buat nulis dulu ya, siapa lagi kalau bukan Allah. Alhamdulillah ya Allah. Atas cinta-Mu yang tak terhingga :D Oke, mungkin hampir semua wanita yang pernah melahirkan udah menceritakan perpuluh-puluh kali bahkan lebih tentang pengalaman melahirkannya tersebut. Baik secara menyeluruh maupun gak utuh. Secara abis lahiran banyak yang nengokin, mulai dari tetangga, sodara, temen-temen, orang yang kebetulan lewat dan ngeliat ada jemuran popok di teras rumah (lol). Begitu juga dengan saya. Padahal mah hampir udah bosen cerita yang sama berulang-ulang. Tapi ya mau gimana lagi, kan yang jenguknya beda-beda orang. Mau bikin konferensi pers dan minta ditayangin di TV atau youtube biar

3 Pertimbangan Mengambil Pelatihan Bahasa Inggris Prakerja

Ada beberapa hal yang memang perlu diperhatikan ketika kita memutuskan untuk ikut pelatihan bahasa Inggris dewasa . Seiring perkembangan zaman yang sudah semakin canggih ini, maka kemampuan bahasa Inggris memang sangat dibutuhkan untuk memperlancar komunikasi. Selain itu, di dunia kerja sangat dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan jadi lebih maksimal. Terlebih bagi yang berjuang untuk melamar pekerjaan, pastinya kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan agar bisa lolos seleksi. Mengingat tidak semua orang merasa percaya diri akan kemampuan bahasa Inggris yang dimilikinya. Foto by: ef.co.id Poin Penting Sebelum Mengambil Pelatihan Bahasa Inggris Sebelum mengambil latihan bahasa Inggris, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut ini penjelasannya:  Memilih modul yang tepat untuk dipelajari Demi meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kits bisa memilih modul yang tepat sehingga dapat mendukung di lingkungan kerja. Contohnya jika ingin meningkatkan kemam