Langsung ke konten utama

Cara Cepat Mengobati Mata Bengkak

Pada umumnya mata bengkak disebabkan oleh banyak hal seperti adanya penumpukan cairan hingga terjadinya infeksi yang parah. Biasanya kondisi mata yang seperti itu nantinya akan reda dengan sendirinya dalam waktu singkat dan dapat ditangani sendiri di rumah. Tetapi jika gejalanya tidak kunjung membaik dan bahkan adanya keluhan yang semakin memperparah kondisi tersebut hingga terganggunya aktivitas, maka diperlukannya penangangan yang cepat.

Mata bengkak
Gambar by: IDN Times

Berikut dibawah ini beberapa cara cepat mengobati mata yang membengkak, diantaranya yaitu:

  • Mata dikompres dengan menggunakan kain halus yang sebelumnya telah direndam dalam air dingin dan bersih. Atau juga dapat menempatkan kantong yang berisi es pada mata yang membengkak selama 15 menit setiap satu jam sekali.
  • Pada kasus tertentu misalnya saja kista dan bintitan, cobalah kompreskan air hangat pada mata sehingga nantinya dapat membantu melancarkan penyumbatan pada kelenjar minyak. Lakukan pengompresan sebanyak 4 hingga 5 kali didalam setiap harinya.
  • Mata yang membengkak juga bisa dibilas dengan menggunakan larutan air garam terlebih ketika mata mengeluarkan cairan setelah terpapar benda asing. 
  • Jika kamu menggunakan lensa kontak, maka lepaskan terlebih dahulu lensa kontaknya.
  • Ketika malam hari telah datang, kepala dinaikkan ke atas bantal untuk mengurangi resiko cairan yang semakin menumpuk. 
  • Pembengkakan pada mata juga dapat diredakan dengan kafein. Cobalah kantong teh yang sudah basah dan didinginkan sebelumnya ditempatkan pada mata tertutup.
  • Terjadinya mata yang membengkak dikarenakan alergi dapat diobati dengan obat tetes mata anthistamin. Tetapi jika alerginya parah maka diperlukannya penangan dari dokter. 
  • Hindari menekan mata jika terjadinya bintitan atau memecahkan bisul pada mata. 
  • Tidak melakukan olahraga ataupun aktivitas yang beresiko dapat memperparah kondisi mata membengkak. 
  • Ketika akan berpergian keluar rumah maka sebaiknya menggunakan pelindung mata. 
  • Mata juga bisa dibersihkan dengan menggunakan sampo bayi yang lembut. Caranya adalah shampoo bayi tersebut diusapkan ke tangan lalu bersihkan mata dengan busa dari sampo tersebut. Pijatlah mata dengan lembut beberapa saat lalu bilas mata dengan menggunakan air bersih hingga bersih. 

Setelah mata yang membengkak reda maka adanya beberapa cara yang perlu diikuti untuk mencegah mata kembali membengkak diantaranya yaitu : 

  • Mencuci sarung bantal dan menggantinya dengan yang bersih.
  • Menghindarkan mata atau wajah dari pemicu terjadinya peradangan seperti make up. 
  • Jika yang menyebabkan mata membengkak itu adalah karena produk kecantikan, maka gantilah dengan produk lain yang tentunya lebih aman. 
  • Cobalah gunakan obat tetes mata yang didalamnya tidak ada bahan pengawetnya.
  • Tidak mengucek mata karena kebiasaan ini nantinya dapat membuat mata semakin merah, gatal, dan membengkan karena infeksi. Selain itu juga harus selalu menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan secara teratur. 
  • Jika terjadinya mata yang membengkak itu dikarenakan alergi maka hindari makanan yang dapat menyebabkan alergi ataupun terpapar yang dapat memicu alergi. 

Yang perlu diingat adalah gejala pada mata yang membengkak disertai dengan terjadinya gangguan penglihatan, demam, sulit atau tidak dapat menggerakkan bola mata, mual muntah, sakit kepala berat, riwayat cedera ataupun terpapar zat kimia, penggunaan lensa kontak, sering kambuh ataupun muncul dikarenakan adanya reaksi alergi yang disertai dengan sesak napas merupakan kondisi kondisi yang harus ditangani dengan segera. Tetapi jika mata yang membengkak tidak kunjung sembuh meski telah melakukan cara cara diatas maka sebaiknya segera mendatangi dokter. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengisi Waktu Luang dengan Belajar Bahasa Inggris

Ada banyak cara untuk menghabiskan waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat, diantaranya bisa melakukan hobi, mengasah kemampuan, atau melakukan hal-hal yang belum pernah dicoba sebelumya. Jika kita beralasan malas keluar rumah untuk melakukan hal-hal tersebut, saat ini dengan kecanggihan teknologi kita dapat melakukannya secara online . Salah satunya adalah belajar bahasa Inggris online , hal ini bukan tidak mungkin untuk dilakukan.  Belajar bahasa Inggris online bisa dilakukan dengan otodidak ataupun dengan bantuan profesional seperti guru bahasa Inggris di tempat kursus. Kita bisa menganalisisnya terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan, jika dirasa memiliki biaya yang cukup dan juga waktu yang cukup untuk belajar sesuai jadwal yang ditentukan oleh tempat kursus, kita bisa memakai jasa tersebut untuk memperlancar kemampuan dalam berbahasa Inggris.  Jika kita memilih untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak karena mempertimbangkan biaya yang cukup banyak akan dikeluar

Pengalaman Melahirkan Anak Pertama

Pengalaman Melahirkan Anak Pertama . Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih pada diri sendiri, yang awalnya malas buat nulis tapi akhirnya pengalaman melahirkan untuk pertama kali ini ditulis juga di blog. Huhuhu.. #lapKeringatDiDahi Padahal harusnya berterima kasih sama Yang Maha pemberi kekuatan buat nulis dulu ya, siapa lagi kalau bukan Allah. Alhamdulillah ya Allah. Atas cinta-Mu yang tak terhingga :D Oke, mungkin hampir semua wanita yang pernah melahirkan udah menceritakan perpuluh-puluh kali bahkan lebih tentang pengalaman melahirkannya tersebut. Baik secara menyeluruh maupun gak utuh. Secara abis lahiran banyak yang nengokin, mulai dari tetangga, sodara, temen-temen, orang yang kebetulan lewat dan ngeliat ada jemuran popok di teras rumah (lol). Begitu juga dengan saya. Padahal mah hampir udah bosen cerita yang sama berulang-ulang. Tapi ya mau gimana lagi, kan yang jenguknya beda-beda orang. Mau bikin konferensi pers dan minta ditayangin di TV atau youtube biar

3 Pertimbangan Mengambil Pelatihan Bahasa Inggris Prakerja

Ada beberapa hal yang memang perlu diperhatikan ketika kita memutuskan untuk ikut pelatihan bahasa Inggris dewasa . Seiring perkembangan zaman yang sudah semakin canggih ini, maka kemampuan bahasa Inggris memang sangat dibutuhkan untuk memperlancar komunikasi. Selain itu, di dunia kerja sangat dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan jadi lebih maksimal. Terlebih bagi yang berjuang untuk melamar pekerjaan, pastinya kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan agar bisa lolos seleksi. Mengingat tidak semua orang merasa percaya diri akan kemampuan bahasa Inggris yang dimilikinya. Foto by: ef.co.id Poin Penting Sebelum Mengambil Pelatihan Bahasa Inggris Sebelum mengambil latihan bahasa Inggris, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut ini penjelasannya:  Memilih modul yang tepat untuk dipelajari Demi meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kits bisa memilih modul yang tepat sehingga dapat mendukung di lingkungan kerja. Contohnya jika ingin meningkatkan kemam