Langsung ke konten utama

3 Manfaat Bubur Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

Setiap wanita hamil di dunia ini, tentu ingin proses kelahirannya berjalan normal nantinya. Dan salah satu cara melahirkan normal adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Mengkonsumsi makanan sehat setiap harinya memang sudah menjadi keharusan, apalagi bagi ibu hamil yang sangat membutuhkan asupan gizi yang lebih dibandingkan sebelum hamil. Oleh sebab itu, kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat ini harus selalu ditingkatkan pada masa kehamilan. Dan sebaiknya makanan yang dikonsumsi haruslah bervariasi, hal ini dikarenakan pada masa kehamilan, nutrisi-nutrisi yang terdapat dalam makanan inilah yang sangat berperan dalam membantu pertumbuhan serta perkembangan janin.

Foto by: @fridajoincofee

Salah satu makanan sehat yang cocok bagi ibu hamil adalah bubur kacang hijau. Selain enak dan manis rasanya, pada bubur kacang hijau ini terdapat kandungan yang sangat penting bagi perkembangan ibu hamil dan janin. Berikut ini kandungan yang terdapat pada kacang hijau serta manfaatnya bagi ibu hamil:

1. Mengandung Folat
Perlu diketahui bahwa dalam 100 gram kacang hijau yang sudah direbus ini mengandung 40% folat, dan folat ini termasuk ke dalam kelompok vitamin B. Folat ini sangat penting sekali bagi ibu hamil, karena zat folat ini sangat berperan dalam produksi sel darah merah serta bisa membantu tabung saraf janin berkembang menjadi sumsum tulang belakang dan otak. Sehingga dengan mengkonsumsi asam folat sebanyak 400 mg perhari sebelum dan selama masa hamil bisa membantu untuk mencegah bayi terlahir dengan kelainan sumsum tulang belakang dan otak.

2. Mengandung Zat Besi
Pada setiap 100 gram kacang hijau yang sudah direbus terdapat 1,4 mg atau 11% zat besi. Perlu bunda ketahui, bahwa pada saat hamil bunda membutuhkan zat besi tersebut sebanyak 27 mg per hari. Karena zat besi ini berfungsi dalam membuat hemoglobin pada proses pembentukkan sel  darah merah. Perlu diketahui juga bahwa pada saat hamil, tubuh membutuhkan darah 50% lebih banyak dibandingkan pada saat tidak sedang hamil. Untuk itulah, bunda bisa mengatasi masalah tersebut dengan supan zat besi yang cukup. Selain itu, bunda juga membutuhkan zat besi tambahan untuk pertumbuhan plasenta serta perkembangan janin, apalagi pada masa kehamilan usia trimester kedua dan ketiga. Jadi jangan sampai bunda kekurangan zat besi pada masa kehamilan ini, karena bisa meningkatkan resiko terjadinya bayi lahir secara prmatur, atau bahkan sampai pada kematian bayi.

3. Mengandung Thiamin
Zat Thiamin ini dikenal juga dengan nama thiamine atau vitamin B1. Pada setiap 100 gram kacang hijau yang sudah direbus ini mengandung  14% kandungan zat Thiamin, dan setara dengan 0,164 mg. Adapun manfaat zat Thiamin ini adalah bisa mengubah karbohidrat menjadi energi. Sehingga yang memungkinkan janin bisa mendapatkan energi. Zat Thiami ini juga berfungsi untuk melancarkan fungsi otot, jantung, dan sistem saraf supaya bisa berjalan dengan normal. Pada ibu hamil, manfaat tersebut akan ditambah lagi, yakni sebagai nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan otak. Oleh sebab itu, pada saat bunda sedang hamil serta menyusui, maka sebaiknya penuhi kebutuhan bunda dengan Thiamin ini, minimal 1,4 mg perhari.

Itulah 3 manfaat bubur kacang hijau bagi wanita hamil, semoga informasi ini bermanfaat, terutama bagi para wanita yang sedang hamil supaya proses kelahirannya bisa berjalan dengan lancar dan normal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengisi Waktu Luang dengan Belajar Bahasa Inggris

Ada banyak cara untuk menghabiskan waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat, diantaranya bisa melakukan hobi, mengasah kemampuan, atau melakukan hal-hal yang belum pernah dicoba sebelumya. Jika kita beralasan malas keluar rumah untuk melakukan hal-hal tersebut, saat ini dengan kecanggihan teknologi kita dapat melakukannya secara online . Salah satunya adalah belajar bahasa Inggris online , hal ini bukan tidak mungkin untuk dilakukan.  Belajar bahasa Inggris online bisa dilakukan dengan otodidak ataupun dengan bantuan profesional seperti guru bahasa Inggris di tempat kursus. Kita bisa menganalisisnya terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan, jika dirasa memiliki biaya yang cukup dan juga waktu yang cukup untuk belajar sesuai jadwal yang ditentukan oleh tempat kursus, kita bisa memakai jasa tersebut untuk memperlancar kemampuan dalam berbahasa Inggris.  Jika kita memilih untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak karena mempertimbangkan biaya yang cukup banyak akan dikeluar

Pengalaman Melahirkan Anak Pertama

Pengalaman Melahirkan Anak Pertama . Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih pada diri sendiri, yang awalnya malas buat nulis tapi akhirnya pengalaman melahirkan untuk pertama kali ini ditulis juga di blog. Huhuhu.. #lapKeringatDiDahi Padahal harusnya berterima kasih sama Yang Maha pemberi kekuatan buat nulis dulu ya, siapa lagi kalau bukan Allah. Alhamdulillah ya Allah. Atas cinta-Mu yang tak terhingga :D Oke, mungkin hampir semua wanita yang pernah melahirkan udah menceritakan perpuluh-puluh kali bahkan lebih tentang pengalaman melahirkannya tersebut. Baik secara menyeluruh maupun gak utuh. Secara abis lahiran banyak yang nengokin, mulai dari tetangga, sodara, temen-temen, orang yang kebetulan lewat dan ngeliat ada jemuran popok di teras rumah (lol). Begitu juga dengan saya. Padahal mah hampir udah bosen cerita yang sama berulang-ulang. Tapi ya mau gimana lagi, kan yang jenguknya beda-beda orang. Mau bikin konferensi pers dan minta ditayangin di TV atau youtube biar

3 Pertimbangan Mengambil Pelatihan Bahasa Inggris Prakerja

Ada beberapa hal yang memang perlu diperhatikan ketika kita memutuskan untuk ikut pelatihan bahasa Inggris dewasa . Seiring perkembangan zaman yang sudah semakin canggih ini, maka kemampuan bahasa Inggris memang sangat dibutuhkan untuk memperlancar komunikasi. Selain itu, di dunia kerja sangat dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan jadi lebih maksimal. Terlebih bagi yang berjuang untuk melamar pekerjaan, pastinya kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan agar bisa lolos seleksi. Mengingat tidak semua orang merasa percaya diri akan kemampuan bahasa Inggris yang dimilikinya. Foto by: ef.co.id Poin Penting Sebelum Mengambil Pelatihan Bahasa Inggris Sebelum mengambil latihan bahasa Inggris, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut ini penjelasannya:  Memilih modul yang tepat untuk dipelajari Demi meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kits bisa memilih modul yang tepat sehingga dapat mendukung di lingkungan kerja. Contohnya jika ingin meningkatkan kemam