Langsung ke konten utama

Lewat Radio

Lewat radio
Aku sampaikan
Kerinduan yang lama terpendam
(Radio, Sheila on 7)


Image: IG @ferialtabur


Jadi ceritanya hari Minggu kemarin earphone punya suami ketinggalan di kamar. Bagai nemu barang berharga banget gitu, secara saya gak punya. Hohoho. Earphone bawaan dari hp raib entah kemana. Jadilah malam ini memanfaatkannya untuk dengerin radio lewat hp. Pada tahu kan kalau dengerin radio lewat hp harus pakai earphone yang berfungsi sebagai antenanya. Kecuali streaming kali ya, tapi kan mayan pake pulsa.

Sambil nungguin baby Denji yang lagi bobo ganteng, saya setel radio dengan volume sayup-sayup. Stasiun radio yang otomatis tertangkap cuman 3 biji, dan saya langsung tahu ketiga stasiun radio tersebut: Lazuar FM, FB FM, ADS legeg sunda gaya menak. Yang terakhir radio legendaris di Cikampek yang banyak mengangkat budaya sunda. Ketiganya merupakan radio-radio yang cukup besar di kota saya, mangkanya jangkauan siarannya juga lumayan jauh dan suaranya bening. Cling!

Ngomongin soal radio jadi ingat zaman masih sekolah madrasah dulu. Waktu itu radio lagi hit-hitnya. Kebetulan di deket madrasah tempat saya sekolah ada studio radio. Saya dan teman-teman suka beli atensi (kertas buat kirim-kirim salam dan riquest lagu). Waktu itu satu lembar atensi harganya 250 rupiah, lumayan mahal sih buat anak madrasah kayak saya dan teman-teman, mangkanya belinya juga patungan. 

Pernah sekali kepergok guru madrasah dan atensinya dibacain keras-keras di depan kelas. Riquest lagunya I lay my love on you-nya Westlife. Terus dikomentarin sama guru madrasah saya itu, "Deuh nulis judul lagu bahasa Inggris mah meuni bisaan, kalau nulis hafalan suratnya meuni hese" kata beliau. Wkwkwkwk... Terus kita sembunyi-sembunyi kalau beli atensi lagi.
Selain atensi saya juga sesekali riquest lagu dan kirim pesan lewat radio pakai telepon umum koin. Tapi nelponnya pas offair, gak pede soalnya ngomongnya gugup. Wkwkwkkw... Tepok jidat.

Tapi asli itu cuman untuk seru-seruan aja sih, ngilangin rasa penasaran aja gitu dengan sesuatu hal yang baru pada saat itu. 

Beda lagi pas saya udah SMA, kirim-kirim salamnya udah gak pakai atensi lembaran, melainkan menggunakan sms. Waktu itu radio masih ngehit lah ya, apalagi banyak juga penyiarnya yang berstatus pelajar SMA. Masih inget gitu lagu yang sering saya riquest, kalau enggak Lagu Rindu-nya Kerispatih ya lagunya Club 80's yang "...andai engkau tahu, bila menjadi aku.." hehe lupa judunya apa itu XD

Pas SMA saya juga pernah ikutan daftar di acara Guest DJ School di radio Lazuar FM dan kepilih bareng sahabat zaman SMA, Euis Nurhayati. Lumayan jadi pengalaman berharga waktu itu bisa masuk ruang siar dan ikut mengudara. Besoknya mendadak jadi tenar gitu di sekolah. Wkwkwk..

Flashback lebih jauh lagi, almarhum bapak juga sering mendengarkan radio. Jauh sebelum saya mengenal atensi, telepon umum, atau sms, setiap malamnya sandiwara radio atau siaran berita RRI selalu  mengudara di ruang dengar rumah kami hingga suaranya berubah "kresek-kresek" tanda siaran radio telah usai membersamai lelap kami sekeluarga.

Walaupun sekarang radio udah gak seeksis dulu, tapi saya percaya kalau siaran radio tidak akan tergerus zaman. Buktinya masih banyak radio yang mengudara, para pengendara yang membutuhkan info atau hiburan lewat radio, atau sekedar seseorang yang rindu menjadikan kamarnya sebagai ruang dengar dari radio kesayangan seperti saya ini..

*

Komentar

  1. Jadi inget zaman SMP dan SMA, suka banget dengerin radio :D

    BalasHapus
  2. ya, elah itu radio....unik banget ya...aku masih suka loh sampai skearang dengerin radio

    BalasHapus
  3. Radio memiliki tempat di hati aku hihiiii.l. Wah asyik bisa ikut masuk ruang siarannya. Dulu mah aku cuma banci kuis radio, lumayan ��

    BalasHapus
  4. Sampai sekarang masih suka denger radio pas beberes dan ngetik, biar segeer..

    BalasHapus
  5. Ko kita samaan ya mba. Terakhie belakangan ini Saya juga lg seneng denger radio lagi (by hp) :D sampe ketiduran malah
    Hahahhaha

    BalasHapus
  6. Lhaa itu gambarnya radio jadul banget :D
    Aku dah lama ga dengerin radio. Keasikan beli lagu, paling dengerin musik dari tv di channel v ato nat geo music. abisnya di radio lagu belom selese udah dipotong ngomong ama penyiarnya.. kan resek -_- lagi asik denger musik, dienyeh ngomong.. dih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe.. Nyetel kaset aja mba biar gak kepotong. Loh?

      Hapus
  7. meskipun sekarang jaman sudh canggih tapi radio tetap masih eksis sampai sekarang yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya begitu lah kira2, mas. Apalagi orang2 Indonesia kan hobinya nostalgia :D hihii

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengisi Waktu Luang dengan Belajar Bahasa Inggris

Ada banyak cara untuk menghabiskan waktu luang dengan hal-hal yang bermanfaat, diantaranya bisa melakukan hobi, mengasah kemampuan, atau melakukan hal-hal yang belum pernah dicoba sebelumya. Jika kita beralasan malas keluar rumah untuk melakukan hal-hal tersebut, saat ini dengan kecanggihan teknologi kita dapat melakukannya secara online . Salah satunya adalah belajar bahasa Inggris online , hal ini bukan tidak mungkin untuk dilakukan.  Belajar bahasa Inggris online bisa dilakukan dengan otodidak ataupun dengan bantuan profesional seperti guru bahasa Inggris di tempat kursus. Kita bisa menganalisisnya terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan, jika dirasa memiliki biaya yang cukup dan juga waktu yang cukup untuk belajar sesuai jadwal yang ditentukan oleh tempat kursus, kita bisa memakai jasa tersebut untuk memperlancar kemampuan dalam berbahasa Inggris.  Jika kita memilih untuk belajar bahasa Inggris secara otodidak karena mempertimbangkan biaya yang cukup banyak akan dikeluar

Pengalaman Melahirkan Anak Pertama

Pengalaman Melahirkan Anak Pertama . Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih pada diri sendiri, yang awalnya malas buat nulis tapi akhirnya pengalaman melahirkan untuk pertama kali ini ditulis juga di blog. Huhuhu.. #lapKeringatDiDahi Padahal harusnya berterima kasih sama Yang Maha pemberi kekuatan buat nulis dulu ya, siapa lagi kalau bukan Allah. Alhamdulillah ya Allah. Atas cinta-Mu yang tak terhingga :D Oke, mungkin hampir semua wanita yang pernah melahirkan udah menceritakan perpuluh-puluh kali bahkan lebih tentang pengalaman melahirkannya tersebut. Baik secara menyeluruh maupun gak utuh. Secara abis lahiran banyak yang nengokin, mulai dari tetangga, sodara, temen-temen, orang yang kebetulan lewat dan ngeliat ada jemuran popok di teras rumah (lol). Begitu juga dengan saya. Padahal mah hampir udah bosen cerita yang sama berulang-ulang. Tapi ya mau gimana lagi, kan yang jenguknya beda-beda orang. Mau bikin konferensi pers dan minta ditayangin di TV atau youtube biar

3 Pertimbangan Mengambil Pelatihan Bahasa Inggris Prakerja

Ada beberapa hal yang memang perlu diperhatikan ketika kita memutuskan untuk ikut pelatihan bahasa Inggris dewasa . Seiring perkembangan zaman yang sudah semakin canggih ini, maka kemampuan bahasa Inggris memang sangat dibutuhkan untuk memperlancar komunikasi. Selain itu, di dunia kerja sangat dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan jadi lebih maksimal. Terlebih bagi yang berjuang untuk melamar pekerjaan, pastinya kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan agar bisa lolos seleksi. Mengingat tidak semua orang merasa percaya diri akan kemampuan bahasa Inggris yang dimilikinya. Foto by: ef.co.id Poin Penting Sebelum Mengambil Pelatihan Bahasa Inggris Sebelum mengambil latihan bahasa Inggris, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut ini penjelasannya:  Memilih modul yang tepat untuk dipelajari Demi meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kits bisa memilih modul yang tepat sehingga dapat mendukung di lingkungan kerja. Contohnya jika ingin meningkatkan kemam